Terbuai Ayunan Sang Gajah

[Bus Trip] Cerita perjalanan bersama PO Safari Dharma Raya Super Eksekutif Magelang – Jakarta.

Minggu, 6 Mei 2018

Penantian kami terbayarkan setelah satu unit gress bergambar gajah memasuki pelataran terminal Tidar. Yass, kesempatan menggagahi salah satu unit spesial milik PO asal Temanggung ini akhirnya kesampaian. Berbaju rakitan Morodadi Prima yang terkenal akan kekokohannya, unit ini masih terbilang baru. Berchassis mercy OH 1626, unit ini merupakan pengganti unit Super Eksekutif lama yang sudah butuh perawatan.

Ini dia unit Super Eksekutif bus OBL

Kursi lebar dengan konfigurasi 2-1

Kami bergegas naik dan duduk di bangku kami karena bus segera berangkat. Kesan bersih dan rapih tampak terasa begitu kami naik ke dalam. Kursi lebar berkonfigurasi 2-1 buatan Aldilla itu pun seakan menggoda kami untuk segera mendudukinya. Dek kursi juga dibuat lebih tinggi dari lantai lorong. Membuatnya menjadi hampir sejajar dengan kaca samping.

Pukul 16:45. Bus diberangkatkan dari terminal Tidar. Hanya menaikan 5 penumpang saja termasuk kami berdua. Tentu menyisakan kursi kosong, karena bus masih akan melewati beberapa agen termasuk pool Temanggung.

Melewati jalanan Magelang

Ayunan suspensi dan kursi yang empuk ternyata mampu menyihir kami ke alam mimpi. Baru beberapa menit berangkat, aku sudah tertidur. Dan bangun-bangun sudah hampir masuk pool Temanggung.

Menaikan penumpang di pool pusat Temanggung

Di pool ini, sudah banyak penumpang yang menunggu. Hampir semua OBL dari arah Jogja menuju Jakarta pasti singgah di pool utama ini. Setelah menaikan beberapa penumpang dan snack, bus diberangkatkan kembali.

Isi snack bus OBL

Perjalanan malam itu kurasa sangat syahdu, melintasi jalur tengah Temanggung – Parakan yang berkelok menambah sensasi tersendiri. Andai saja perjalanan dilakukan di siang hari pasti akan lebih seru dengan melihat pemandangan sekitar. Namun malam itupun juga memiliki kesan sendiri. Tapi lagi-lagi daya magis bus ini memang terlalu kuat. Tak lama kemudian aku kembali tertidur. Entah berapa lama, namun saat tersadar sudah tidak melewati jalur seperti tadi. Dan tak lama bus berbelok ke kiri memasuki pelataran yang disana sudah berjajar beberapa bus lain. RM. Sendang Wungu, sudah masuk servis makan rupanya.

Saat berhenti untuk servis makan

Disini bus dibuat berjejer bersama beberapa bus lain, seperti Sindoro Satria Mas. Namun, tempat servis makan tentu dibuat sendiri-sendiri sesuai PO. Yang kusuka adalah, penumpang dibuat bebas mengambil porsi sebanyak apapun yang dia mau, tapi tidak dengan lauknya. Bihun, sayur kuah, sepotong ayam goreng, ditambah sebuah jeruk menjadi menu kami malam itu, mungkin sama seperti hari-hari sebelumnya.

Setelah berhenti agak lama selama hampir 40 menit, kami berangkat kembali. Jalur Batang – Pekalongan agak ramai di malam senin itu, beberapa titik kemacetan juga kami temui meski tidak parah. Mungkin banyak yang menuju Jakarta untuk besok beraktivitas, seperti kami ini yang mengejar mesin absen di pagi hari. Untung saja bus tidak keong amat, dan berani seset kanan kiri. Kami juga sempat bertemu dengan rombongan bus Muriaan di jalur yang sama. Tapi sayang tidak bertemu HR23 yang kami naiki kemarin malam.

Terkena kemacetan di Pekalongan

Demi hari senin yang segar, kami manfaatkan waktu selama di bus untuk banyak istirahat. Tak banyak momen juga yang kami temui. Dan tau-tau kami sudah berada di tol Japek, baru saja melintas pintu keluar Bekasi Timur. Pukul 5:10 waktu itu. Beruntung tidak sampai ‘selamat siang Jakarta’.

Bus sempat menurunkan penumpang di terminal Pulogebang, lalu masuk tol lagi menuju tujuan akhir di pool Kebayoran. Untungnya jalanan Jakarta belum terlalu macet, kami pun bisa turun di pool tepat sebelum pukul 6 pagi.

Fasilitas shuttle gratis

Satu lagi pelayanan yang diberikan oleh PO Safari Dharma Raya adalah shuttle gratis menuju rumah masing-masing di seputaran Jabodetabek. Hal ini pun ku manfaatkan untuk menuju kantorku di Citeureup. Tentu kalau menggunakan angkutan umum akan telat sampai kantor. Belum lagi harus berhadapan dengan orang-orang berangkat kerja. Adanya shuttle ini bagiku sangat membantu sekali. Selain hemat waktu juga hemat biaya. Selain itu keramahan driver juga patut diacungi jempol, mereka dengan senang hati akan mengantarkan kita sampai ke tempat tujuan, bahkan depan rumah sekalipun. Dan yang terpenting, urusan absen tetap aman.


PO Safari Dharma Raya (OBL)

  • Super Eksekutif
  • AA 1664 AE
  • Seat 4b-4c
  • 20 Seats (2–1) + Toilet & Front Smoking Room
  • Tiket : Rp. 275.000
  • Start : 16:45 (Terminal Tidar Magelang)
  • Rest : 21:03 (RM. Sendang Wungu, Gringsing)
  • Finish : 5:50 (Pool Kebayoran)
  • Mercedes-Benz OH 1626 Air Suspension
  • Karoseri Morodadi Prima

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *